Sabtu, 13 Maret 2010

Mesin

Seperti kita ketahui roda-roda suatu kenderaan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kenderaan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan, jalan, udara dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupakan alat yang merubah sumber tenaga panas, listrik, air, angin, tenaga atom, atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga makanik (mechanical energy). Mesin yang merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik disebut motor bakar (thermal engine).

Motor bakar ada beberapa macam. Mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin dan lain-lainnya. yang menghasilkan tenaga panas yang dihasilkan dari dalam mesin itu sendiri, disebut motor pembakaran (Internal Combustion Engine). Sebagai contohnya, mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin. Tenaga panas yang dihasilkan diluar dari mesin itu sendiri disebut motor pembakaran luar (external Combustion Engine).

Contohnya, mesin uap, mesin turbin dan lain-lainnya. Mesin yang tenaganya digunakan pada mobil harus kompak, ringan dan mudah ditempatkan pada ruangan yang terbatas. Selain itu mesin harus dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi dan tenaga yang besar, mudah dioperasikan dan sedikit menimbulkan bunyi. Oleh sebab itu mesin bensin dan diesel umumnya lebih banyak digunakan pada kenderaan.


KARAKTERISTIK

Karakteristik mesin bensin dan mesin diesel adalah sebagai berikut :

Mesin Bensin :

  1. Kecepatan tinggi dan tenaganya besar
  2. Mudah pengoperasiannya
  3. Pembakarannya sempurna
  4. Umumnya digunakan untuk mobil penumpang dan kenderaan truk yang kecil, dan sebagainya.

Mesin Diesel :

  1. Efisiensi panasnya tinggi
  2. Bahan bakarnya hemat
  3. Kecepatannya lebih rendah dibanding mesin bensin
  4. Getarannya besar dan agak berisik
  5. Harganya lebih mahal
  6. Umumnya mesin diesel digunakan untuk kenderaan jarak jauh (kenderaan niaga, truk besar dan sebagainya)

Tidak ada komentar: